Kamis, 19 Juli 2012

Muslim Eropa, Afrika dan Amerika Awal Ramadhan 20 Juli hari jum'at

Negara Eropa Dalam laman The Astronomical New Moon, situs rujukan para penganut aliran Islam Global, juga melansir bahwa 1 Ramadan akan jatuh Jumat, besok. Kelom[ok Islam global, yang menginginkan agar umat Islam di seluruh dunia bersatu baik dalam penggunaan kalender hijriyah, dan syariah, termasuk manaati hukum Islam dari Quran dan Sunnah.

Kelompok ini mengabaikan faktor Islam lokalitas, termasuk penentuan hari besar Islam. Kelompok advokasi Muslim Amerika terkemuka, Council on American-Islamic Relations (CAIR), sudah menyerukan kaum Muslim secara nasional untuk menytiapkan sahur di Jumat (20/7) dini hari.

"Untuk meningkatkan hubungan antar umat beragama, sangat penting Muslim Amerika menjangkau tetangga mereka dari semua keyakinan untuk menawarkan informasi yang seimbang dan akurat tentang Islam dan komunitas Muslim," kata Nihad Awad, Direktur Eksekutif Nasional CAIR dalam siaran persnya.

Federasi Organisasi Islam Eropa (FIOE) dan Dewan Fatwa Eropa (ECFR) juga mengumumkan, secara astronomis, awal Ramadan tahun ini mulai 20 Juli. Mesir dan Turki juga menyatakan 20 Juli sebagai awal puasa Ramadhan. Lembaga riset nasional astronomi dan geofisika Mesir menyatakan, menurut perhitungan astronomis, bulan puasa Ramadan 1433 H / 2012 M akan dimulai hari Jumat tanggal 20 Juli.

Lembaga riset nasional astronomi dan geofisika Mesir seperti dilansir Onislam.net. "Bulan Ramadhan akan muncul pada Kamis, 19 Juli," kata Ketua Institut Riset Nasional Astronomi dan Geofisika Mesir Hatem Ouda. Menurutnya, bulan baru akan terlihat dengan jelas di kota suci Makkah.

Kaum Muslim di Amerika Utara -Amerika Serikat dan Kanada- juga akan mengawali puasa Ramadhan tahun ini pada Jumat tanggal 20 Juli menurut perhitungan astronomi. "Hari pertama Ramadhan adalah hari Jumat, 20 Juli, insya Allah," tegas Dewan Fiqih Amerika Utara (FCNA) dalam sebuah pernyataan yang diperoleh OnIslam.net. Mengutip pernyataan FCNA, organisasi Islamic Society of North America (ISNA).

Di Nigeria (Afrika), menurut perhitungan astronomi, bulan suci Ramadhan juga akan dimulai hari Jumat, 20 Juli. Di Hong Kong, awal Ramadhan akan diumumkan The Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of Hong Kong hari Kamis malam, 19 Juli.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar